Friday, June 13, 2014

Dating With Oppa

안녕하새요 여러분!!
Hmm.. postingan aku kali ini, aku enggak membahas soal beauty seperti biasa aku tuliskan dipostingan sebelumnya. tapi sekarang aku akan sedikit berbagi tentang love life. 

Apa sih yang ada dipikiran benak kalian saat mendengar kata oppa (오빠)

mungkin bagi kalian yang khatam korea-korean, kicep juga ngerti ya. well.. oppa atau brother merupakan kata panggilan dari dongsaeng (adik) perempuan kepada kakak laki-laki. sebenernya sih kita gak boleh asal sebut oppa kesembarangan laki-laki di korea, karena  dalam hubungan orang korea itu mengenal dengan intensitas kedekatan satu sama lain. jadi, kalau kamu belum terlalu dekat atau akrab dengan orang tersebut  sebaiknya jangan asal sebut.

Sebenarnya untuk orang korea mereka bisa maklum kalau kita (foreigner) asal sebut atau panggil nama mereka dengan sebutan "akrab" seperti oppa tadi. tapi mungkin reaksi mereka akan sedikit kaget.

Kok artis atau kpop idol asik-asik aja saat dipanggil "oppa…oppa" ? 

It's different.. saat kalian ketemu atau berteman dengan orang korea yang bukan artis, kedekatan sebuah hubungan sangat diutamakan bagi mereka, artis atau kpop idol istilahnya "udah milik bersama" jadi setiap orang pasti punya rasa kedekatan "tersendiri" terhadap si artis dan si artis tidak terlalu peduli dengan masalah panggilan oppa tersebut, right ?

Oh ya beda cerita juga saat ngobrol antar sesama jenis kelamin (perempuan-perempuan). agar tercipta keakraban, aku biasa panggil orang tersebut dengan sebutan eonnie (언니) atau kakak perempuan, walaupun gak tahu sebenernya umur dia lebih tua atau muda dari aku. saat ngbrol dengan yang terlihat lebih tua, aku biasa panggil mereka dengan sebutan ahjumma atau halmonnie. ok.. back to oppa (hihi), intinya kita dapat panggil seseorang dengan sebutan "oppa" apabila hubungan kita sudah cukup dekat dengan dia atau saat si oppa yang pengen dipanggil "oppa". tapi, kalau dia asik-asik aja dari awal dipanggil oppa berarti ok-ok aja.

Dating with korean..

I'm not obsessed with korean, but I never know who will be my lover in the future. everybody is same, Indonesian, asian, european or whatever dan saat ini memang lagi jodohnya dengan korean. as foreigner yang tahu dikit-dikit tenting budaya korea, mungkin pacaran dengan korean sama hal-nya seperti apa yang dilihat di drama korea, it's depend girls!. setiap orang korea belum tentu sama seperti apa yang kamu lihat di drama kok. sekedar tips, kalau mau kenalan harus yang bener-bener baik dan menghargai dengan namanya friendship zone, gak berlaku untuk orang korea aja kok, tapi semua orang yang khususnya berbeda budaya dengan kita. saat mereka mengerti kita berbeda budaya dengan mereka, dijamin pertemanan kita akan awet dan siapa tahu bisa berubah status dari friend jadi girlfriend (aseegg).

My oppa is older 1 year than me, I know him about 2 years ago since my first time came to korea. I'm totally enjoy our relationship, even sometimes he can't speak english very well or I can't understand what he said in korean. beda waktu, lokasi dan budaya memang terkadang buat nyesek, tapi aku gak ambil pusing, just enjoy my time with him (on kakao).

Singkat cerita saat kemarin di korea, aku ceritanya pacaran (lempar bunga kondangan). dia selalu setia temenin kemana-mana saat di seoul. well.. sebelum pergi ke korea dan jepang kemarin, sebelumnya aku tuliskan hal-hal yang aku mau lakukan di 2 negara tersebut, selain sebagai itinerary menuliskan hal-hal tersebut bikin kita gak blank juga saat sudah sampe sana, tinggal di lakukan deh. nah sama halnya dengan saat aku jalan dengan oppa, aku sebelumnya bilang mau ini itu sama dia.. americano, ttobbuki, banpo rainbow bridge dan Cass (abaikan yang terakhir).
Aku juga selalu bilang kalau aku pengen dia yang jadi guide, niatnya sih pengen gak nyasar tapi dasar seoul itu gede kali ya nyasar-nyasar sih ada, tapi usahanya dalam nge-guide oke juga uuu kesian. aku sama oppa sempat pergi ke beberapa tempat historical di seoul, tempat yang harusnya bosenin jadi enggak soalnya ada (oppa) bunga-bunga yang bermekaran dimana-mana. aku sempat ke myeongdong sama oppa, karena harus beli titipan cd kpop temen dan aku juga sempet mampir ke Etude House. oppa gimana? dia ikut aja haha.. tapi gak enaknya belanja sama oppa aku gak dapet discount atau free sample (T.T) gara-gara di kira aku sama dia orang lokal, discounteu juseyo~~.
at Twosome Gangnam-gu
Semua pengennya aku selama di korea di ceklist, dari mulai minum americano mulai di dunkin sampe twosome place hayuk, jalan-jalan di gangnam dan mandangin banpo rainbow bridge, yang saat itu gak nyala (gara-gara kejadian ferry sewol kayak-nya). bikin gak mau pulang!! (yang ini agak lebai)


Sebenernya masih banyak cerita yang ingin dibagi, mungkin di postingan selanjutnya yaa..

"LOVE is when you sit beside someone doing nothing yet you feel perfectly happy" - daily quotes
post signature

2 comments:

  1. aaahh, so sweet intaaaannn :3
    aku paling kepo nih sama love story orang2, posting kaya gini lagi ya, masih belum puas XD
    kepo via line boleh? *abaikan* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu kepooooo nunuyy haha
      nanti aku kasih tips and trik cari orang keroya yak hahaa
      isshhh line aku aja syg biar kamu puas.. puas.. puas *ala tukul*
      hahaa

      Delete