Sunday, July 28, 2013

My Diet Story

Hi girls.. how are you??
anyone on diet right now?
hmm.. kali ini, aku akan sedikit berbagi pengalaman aku sama kalian semua tentang diet yang aku lakukan. semoga tulisan kali ini dapat menginspirasi kalian semua ya girls.

let we share about diet..

WARNING :: tulisan kali ini mengandung konten banyak ngomong & foto makanan *evilsmirk*

#oksip

Perkenalkan nama aku ientanKawaii saking kawaii-nya sampe pipi aja chubby >.< aduuuh PR banget gak sih punya pipi chubby. emang ya girls buat kita para cewek-cewek berat badan itu udah kaya paket komplit pake telor, alias gak bisa dipisahin.

Kadang saat ada temen yang bilang "kayanya lo gendutan deh" dan biasanya aku jawab "ahh.. masa sih?? haha.. ia kali yah" (senyum maksa). setelah denger omongan yang bilang aku gendutan rasanya kepikiran banget dan saat kepikiran itu biasanya muncul keinginan untuk DIET besoknya.

I'll start my diet  from tomorrow

Kalimat kramat yang selalu diucapkan, but I never start my diet "I just want eat right now, because tomorrow I'll start my diet " and eat that day, next day..

Well.. saat ini aku belum bisa dibilang berhasil diet, tapi aku cukup puas dengan usaha aku dalam menurunkan berat badan. "loh kok gitu sih? belum berhasil udah ngerasa puas?"  YAP, aku harus bisa menghargai usaha diri sendiri, karena gak gampang loh untuk bisa menurunkan berat badan. perlu usaha, niat dan konsisten dalam menjalankan diet, tanpa itu semua agak susah untuk bisa sampai pada target.


Diet YOYO :: Kalian pasti tau apa maksud dari diet yoyo, yaa secara singkatnya "turun cepet, naik juga cepet". berat badan bisa turun dengan cepat tapi naik lagi dan kadang-kadang malah lebih gendut dari berat sebelumnya. hal ini juga berlaku sama aku, seneng banget rasanya seminggu diet udah turun sampe 5 kilo, tapi setelahnya.. bhaiii banget shayy naik lg. -.-''

PIL diet :: Coba produk A, produk B, brand C, brand Z pokoknya macem-macem udah nyoba, tapi balik lagi "diet yoyo". turun cepet --> terus mandek gak turun-turun --> kesel --> makan lagi shayy = gendut lagi deh. lama-lama frustasi #abaikan

Senam+Gym+sauna dkk :: Semangat awalnya, tapi lama-lama~~ males shayy. banyak alesanya saat mau mulai pergi nge-gym, macet lah, hujan lah, ketiduran lah, main sama temen lah. dari pada kita nabung di tempat gym yang gak pernah kita datangi mending nabung dibank, kecuali kalian emang konsisten dan bisa mempertanggung jawabkan itu. olah raga itu sifatnya continue, jangan sampe berenti ditengah-tengah karena biasanya badan yang biasanya bergerak terus tiba-tiba enggak, bisa melar lagi.
berasa curhat yah

Aku chubby juga.. aku sempet tanya sama mamaku "kenapa aku chubby?" terus mamaku bilang dulu aku dikasih vitamin penambah nafsu makan. yasalam mamake jahat amat yaa kalau bisa diulang aku pasti nolak mentah-mentah tuh. tapi apa saking dahsyatnya ya tuh vitamin sampe sekarang kok masih ngaruh gitu? hanya tuhan dan pembuat vitamin yang tahu jawabannya. terlepas dari masalah vitamin tadi akhirnya semakin dewasa mulai suka diet, kadang berhasil, kadang enggak tapi kebanyakan gagalnya sih. hufness

Apasih yang kita butuhkan untuk diet ??

1. Niat
"Gue niat mau nonton suju tahun depan di singapore, nabung ahh dari sekarang" nah semacam ini niat itu. sama halnya dengan diet, kita perlu niat. "pengen kurus, macem seohyun" dan dibalik niat ada tujuan. tujuan adalah target yang akan kita capai. diet harus didasari niat dan benar-benar meyakinkan diri.

2. Motivasi

Salah satu hal yang memotivasi aku untuk diet adalah liat foto-foto para artis. percaya atau enggak tapi aku benar-benar termotivasi liat perubahan mereka. sebut saja mereka mawar, ada banyak kok artis korea yang dulunya chubby tapi sekarang bertransformasi jadi kurus, salah satunya..

Yoon Eun Hye
TOP
Pasti yang suka korea-korean'n kenal akrab sama mereka deh dan kalian juga mungkin tahu gimana perubahan mereka. girls, jadikan mereka sebagai motivasi dalam memulai diet dan kalian gak usah pusing-pusing mikirin mereka oplas atau enggak punya badan kaya gitu. mereka bisa bertransformasi menjadi lebih baik untuk dirinya dan sekarang kita juga harus berubah untuk diri kita sendiri.

3. Jangan cepat puas dan konsisten

Selalu konsisten untuk mencapai target akhir dan tidak merubah pola yang sudah kita buat. saat ada yang memuji cukup syukuri, saat ada yang bilang gitu aku selalu berfikir tandanya orang itu care sama aku dan mereka dapat melihat perubahan yang aku buat.

aku mau kasih contoh makanan yang aku makan setiap harinya. anyway.. diet itu gak selamanya makan, makanan yang gak enak kok. let see what I have



My Snack

Yoghurt + Muesli +buah



buat kalian yang belum tahu muesli itu apa aku akan jelaskan sedikit. Muesli atau Müesli (bahasa Jerman-Swiss) atau Müsli (bahasa Jerman) adalah semacam sereal yang sangat popular di Swiss sebagai menu sarapan. muesli ini kandungannya sama seperti oatmeal, buat kalian yang gak suka oatmeal atau mungkin ada alergi kalian bisa gunakan muesli sebagai gantinya. rasanya? enak kok. 





Yoghurt + Muesli

Aku bisa makan ini kapan aja saat aku pengen, sebagai night snack juga boleh, asal porsinya dijaga. oh ya untuk buahnya bisa kalian ganti-ganti terserah kalian, bisa pakai buah-buahan kaleng atau buah segar. seru kan snack-nya ?? ^^

My Breakfast

Roti Gandum + Yoghurt + Juice


Sarapan pagi itu sangat penting girls, jangan sampe kalian skip yang namanya sarapan. apalagi buat kalian yang punya kegiatan se-gudang sarapan itu hukumnya wajib.

Pilih menu sarapan yang gak terlalu berat, tapi cukup mengeyangkan. kira-kira gambar diatas adalah sarapan aku. aku prefer menghabisakan yoghurt dibanding roti, aku makan roti itu hanya satu potong (abis rotinya unyil-unyil bakarnya jadi skalian 3). hampir setiap hari sarapan dengan roti gandum yang di toast atau dimakan biasa. roti gandum boleh pakai butter atau nuttela tapi don't put it too much.

Untuk juice kalian bisa minum juice apa aja terserah kalian, aku lebih suka guava atau apple juice. kalian bisa beli juice yang udh dipack dan tinggal minum (ribet amat pagi-pagi kalau harus nge-juice), tapi kalau ada yang mau fresh juice itu lebih bagus girls, ingat gulanya diatur ya jangan terlalu banyak juga.

My Meal


Untuk makanan sifatnya optional, tapi aku selalu usahakan makan dirumah (buat sendiri) dan pastinya harus ada sayur. kalau masak sendiri lebih enak, aku bisa ngatur semuanya sendiri dan minyaknya juga aku ganti dengan olive oil. untuk porsi makan, aku sih tergantung mood, tapi lama-lama setelah terbiasa biasanya aku udah gak makan banyak dan jadi cepat kenyang.

Oh ya girls.. kalau porsi makan jangan langsung drastis berubahnya, misalnya dari biasa makan nasi putih tiba-tiba enggak makan nasi putih, yang baik menurut aku bertahap. kalian bisa kurangi nasi putih kalian sedikit-sedikit dan saat mulai terbiasa kalian bisa ganti dengan nasi merah. aku sekarang dalam masa pergantian ke umbi-umbian (sweet potato or potato) tapi aku juga masih sedikit-sedikit gantinya dari nasi merah ke umbi-umbian.

Aku udah gak makan junkfood (ayam-ayam goreng gitu) udah lama juga rasanya gak makan itu.. masih enak gak ?? *nangis kepelukan donghae*
Tapi terakhir aku makan sama temen-temen itu makan all you can eat dan aku prefer gak terlalu banyak makan dagingnya dan makan shabu-shabu-nya aja. tapi hari itu makan agak banyak dan besoknya aku ga bisa makan, berasa nabung buat dua hari. 150rb masa kita gak makan apa-apa makin ketauan gak mau ruginya) haha lol**

My exercise



cr. duniafitnes.com


Aku bisa melakukan ini dirumah dan lumayan bikin ngos-ngosan. it's fun girls believe it, and it's free hahaa (cewek gak mak rugi banget.. hahaa #abaikan). untuk lebih jelasnya kalian bisa cari di google soal CT training ini, karena banyak gerakannya juga. CT ini biasa aku lakuin seminggu 3x, 1 set bisa sekitar 1 menit, tergantung dari banyaknya gerakan yang kalian pilih. tapi kalau aku biasanya 1 set terdiri dari 4 gerakan (1 gerakan 20 detik).

Saat aku tinggal di swedia aku suka jogging keliling daerah apartment dan (sambil ngeceng pastinya) biasanya aku jogging 2-3 keliling daerah apartment (mayan jauh cyiin), kalian juga bisa jogging didaerah sekitar rumah kalian, gak usah jauh-jauh yang penting tubuh gerak dan berkeringat. oh ya kalian tau gak ada olahraga yang secara gak langsung suka dilakukan?? jawabannya jalan kaki... yup.. dengan berjalan kaki secara gak langsung kita udah olahraga dan artinya tubuh kita bergerak.

dan pastinya jangan lupa banyak minum air putih ya girls.. ^^

Ok deh girls sekian dan terima kasih semoga barokah ya.. ucapkan hamdalah alhamdulilah~~

ME 




7 comments:

  1. wahh km cepet bgt kurusny y, aq jg lagi diet nih, berat badan q ud over soalnya tp sampe skrg blm turun" pdhl ud puasa *tampakny makananny yg harus diperthatikan >.< nice post sis (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo cantik ^^ thanks ya udh baca postingan aku ini.
      aku udh diet ini dari sekitar january lalu, udh lumayan lama sih.
      kalau diet cepet turunnya malah takut naik lg cepet. karena secara gak langsung qm bkn atur pola mkn tapi menghentikan mkn. logikanya kalau org biasa mkn 5 sendok nasi putih diganti jadi 1 sendok nasi putih pasti gak akan kenyang,untuk diet lebih baik bertahap sedkit2 supaya jd kebiasaan dan mdh2n smpe seterusnya. kalau udh biasa, qm gak akan ngerasa laper dan pstinya qm enjoy ngejalani'y.

      saat puasa, aku makan sahur biasanya buat tumis2 sayur gt, yg gampang aj ky sawi putih+jamur enoki d tumis pakai bawang putih. bisa ganti2 stiap harinya jg ^^
      saat buka, jgn kalap perhatikan porsinya. mknya balik lg ke penjelsn aku yg td, kalau udh biasa psti bisa. hihi

      semgat terus ya cantik..

      Delete
  2. ihh sama say, akunya juga pake cara itu..diajarin koh denny santoso turun 10 kilo :D CT emang yahuutt seneng dan berasa gak percaya gitu..10 itu 3blnan kurang lebih deh..dan masih sekitar 15kg lagi yang musti dibuang..ntaran deh abis puasa dilanjut..ngomong-ngomong dietnya masih mau dilanjut gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia say aku msh mw lanjut lg dietnya, belum smpe target soalnya >.<
      qm CT smbil diet mknan'y jg kah?

      good job cantik.. semangat ya ^^, saat lebaran jgn lupa dijaga ya mknan-nya hihii

      Delete
    2. iyaa CT plus diet makanannya yang 5-6x sehari itu :D
      sukses juga ya buat kamu....

      Delete
  3. Ct apaan c??gmn caranya..??mau donk diajarin juga..hehe

    ReplyDelete
  4. wah semangat sissy dietnya .. aku juga dieters, baru loseweight 16 kg kurang 10 lagi:D semangatzzz

    ReplyDelete